October 15, 2011

Gender dan Seksualitas Intersex (1)

LGBTIQ. Teman-teman pasti sudah mengetahui kepanjangan dari singkatan tersebut. Akan tetapi jarang sekali informasi yang tersedia tentang bagian "I" didalam LGTIQ. Saat ini saya ingin menulis tentang apa itu Intersex dan apa saja diskriminasi serta tantangan yang telah, sedang dan akan terjadi secara sederhana.

Saya akan membagi Gender dan Seksualitas intersex kedalam 3 Tulisan: Tulisan pertama tentang penjelasan secara apa itu Intersex. Tulisan kedua tentang Diskriminasi-Diskriminasi yang dialami. Tulisan ketiga tentang tantangan Intersex didalam gerakan LGBTIQ.


Intersex secara bagian dapat dibagi kedalam 3 Bagian:

1. Kromosom.

Dimana manusia memiliki 23 pasang kromosom (46 kromosom) tapi untuk intersex memiliki kromosom lebih atau pun kurang.

1.1 Untuk kromosom lebih yaitu 47 kromosom, kita mengenalnya dengan kondisi Klinefelter Syndrome.
1.2 Untuk kromosom kurang, yaitu 46 Kromosom, kita mengenalnya dengan kondisi Turner Syndrome.

2. Organ Kelamin dan Organ Reproduksi

Kondisi ini dibagi dengan 3, yaitu :

2.1 Organ Kelamin Pria dengan Organ Reproduksinya Perempuan.
2.2 Organ Kelamin Perempuan tapi dengan Organ Reproduksinya Pria.
2.3 Mempunyai setengah dari masing masing Organ Kelamin dan Reproduksi, kondisi ini di kenal dengan Hemaprodite Murni.

3. Kondisi Otak

Berdasarkan penemuan dari Dr Henry Benjamin (1950), menemukan di bagian otak kecil manusia di sistem lymbic ada bagian BSTc (Bad Nucleus of the Stria Terminalis) dimana besaran penampang pria 2x lebih besar dari perempuan. Bagian otak ini baru bertumbuh secara maximal pada umur seseorang 3 atau 4 tahun. Dibagian ini lah kesadaran Gender seseorang ada.

Kondisi Henry Benjamis Syndrome atau HBS yang dipunyai oleh Pria NON-Genetic sama persis dengan besaran Pria Genetik, dan besaran Peremuan NON-Genetic sama dengan besaran Perempuan Genetik.

Menurut data, Kondisi HBS 2x lebih banyak dari Klinefelter dan 6x lebih banyak dari Turner. Serta kondisi ini sangat sulit untuk di deteksi dan didiagnosa.

Dari penjelasan diatas maka bisa dipastikan bahwa Intersex adalah KONDISI TUBUH sejak dilahirkan, ia bisa homoseksual, bisa juga heterosexual karena Orientasi Seksual merupakan pilihan.


*bersambung ke tulisan 2


Vien

NOTE : Tulisan ini hanya secara sederhana dari Makalah yang saya buat untuk di presentasikan pada pertemuan Asia Pacific on Reproductive and Sexual Health and Rights di Universitas Gajah Maja ; Yogyakata; 19-22 Oktober 2011. Untuk makalah lengkapnya bisa meminta via Email kepada saya.