January 10, 2011

UNDANGAN: Urun Rembuk Agenda Advokasi Masyarakat Sipil di ASEAN, 12 Januari 2011



Tahun ini Indonesia memegang kepemimpinan untuk pertemuan ASEAN, dan untuk itu diperlukan persiapan persiapan yang matang dan baik. Kalau dilihat cara pemerintah mengatasi harga cabe dan wig-nya gayus ditambah cara mengancam menutup layanan sebuah telpon selular (you know what). Kita sangat butuh-butuh melakukan persiapan.

Dengan tulisan ini saya ingin mengetuk organisasi organisasi maupun lembaga yang berkelembagaan LGBTIQ agar ikut berpartisipasi dalam semua persiapan dari awal hingga akhir, bahkan hingga tahun tahun berikutnya. KENAPA? Karena di saat para negara ber-voting ria memasukan hukuman mati karena orientasi seksual di PBB. HANYA di pernyataan ASEAN ini terdapat tulisan mendukung segala macam hak LGBTIQ, tolong diperhatikan: bukan hanya LGBT tapi sudah tercantum LGBTIQ saudara-saudara !! *ini dengan TOA bicaranya* kalau statement seperti ini tidak kita dukung dan kita acuhkan.. apa jadinya oohh apa jadinya teman? (pernyataan resmi ASEAN bisa dibaca di artikel sebelumnya)

Dipertemuan (bahkan dari persiapan) ASEAN tahun 2010 tidak ada satu pun yang mewakili LGBTIQ secara khusus, dan saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada Vivi Widyawati dari Perempuan Mahardika yang berjuang untuk memasukkan isu LGBTIQ hingga masuk ke pernyataan resmi.

Dengan tulisan ini pula saya sangat berharap, agar Yogjakarta Principle bisa tersosialisasikan dan kita usahakan masuk dalam pernyataan tahun ini. TAPI juga sudah saatnya kita tidak hanya berkubang di dalam isu Human Rights saja, tapi juga bisa menyeburkan diri ke dalam isu ekonomi, budaya, sejarah serta isu lainya. Dan jika dari semua organisasi dan lembaga tidak ada yang peduli dan mau datang untuk mewakili LGBTIQ, saya kehilangan kata-kata.. saya seorang blogger yang hanya mempunyai kata-kata sebagai nafas.. saya kehilangan kata-kata..

YA! Saya akan hadir.. dari awal hingga akhir anda akan bisa membaca nama Herlounge di daftar hadir. Dan saya akan menulis semua hasil di sini untuk dibagikan kepada semua LGBTIQ. Saya akan hadir sebagai seorang Anak yang dibesarkan di keluarga konservatif, seorang Kristen yang freethinker, seorang Lesbian yang peduli pada memajukan gerakan LGBTIQ di Indonesia, dan seorang Manusia yang mau melihat semua permasalahan bukan hanya dari sisi gender seksualitas, tapi juga dari sisi ekonomi, politik, sejarah, dan sastra.


Berikut adalah undangan untuk menghadiri persiapan pertemuan ASEAN 2011 di Jakarta:

Jakarta, 7 Januari 2011
No: Istimewa
Hal: Urun Rembuk Agenda Advokasi Masyarakat Sipil di ASEAN
Lamp: -

Kepada Yth. Rekan-rekan jaringan
Di tempat

Dengan hormat,

Forum Rakyat ASEAN (ASEAN People’s Forum/ APF) yang ke-6 telah diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, pada September 2010. ASEAN Summit (2010) merekomendasikan beberapa hal, salah satunya kelanjutan kepemimpinan ASEAN di Indonesia. Maka itu, forum rakyat tahun ini turut dilangsungkan di Indonesia.

Terkait agenda kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun ini, KIARA, IGJ, dan WALHI mengundang rekan-rekan jaringan untuk hadir pada “Pembahasan Komitmen, Konsep, dan Agenda APF -VII di Indonesia.” Acara tersebut diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Rabu, 12 Januari 2011
Waktu: Pukul 14.00 WIB - selesai
Tempat: Sekretariat Nasional KIARA, Jl. Lengkeng Blok J-5 Perumahan Kalibata
Indah Jakarta Selatan (di seberang Stasiun KA Pasar Minggu Baru)

Besar harapan kami atas kontribusi dari rekan-rekan jaringan, agar wacana kritis dan agenda advokasi terhadap kebijakan-kebijakan yang meminggirkan rakyat, terus menerus digiatkan.

Kami haturkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya,

Jabat erat,


Mida Saragih
Knowledge Management
mida@kiara.or.id/ mnovawanty@gmail.com

Sekretariat Nasional Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan
The People's Coalition for Fisheries Justice
Jl. Lengkeng Blok J-5
Perumahan Kalibata Indah
Jakarta 12750
Indonesia
Telp. +62 21 798 9522
Faks. +62 21 798 9543
Email. kiara@kiara.or.id
Website. www.kiara.or.id





Vien
*yang akan menjadi sebuah jembatan*
Tweet's me; Vien_Tanjung

Ps; *toel-toel kelompok koalisi LGBTIQ yang terbentuk di Kemang tahun lalu (gossip nya).. apa perlu saya tambahkan Koalisi Para LGBTIQ Blogger dan Twitter’er se-Indonesia untuk menambah semangat? ^o^ hayoooo semangat yaaaa....*